PEMBAHASAN
A. MODEL JADWAL PELAJARAN TEMATIK
1. Model Jadwal Pelajaran Tematik Dengan Mata Pelajran
Model jadwal pelajaran tematik dengan mata pelajaran adalah model jadwal yang pada umumnyadipakai disekolah dasar maupun di madrasah ibtidaiyah. Model ini paling mudah diterapkan dan biasanya dipakai untuk pembelajaran tematik yang masih menonjolkan mata pelajaran. Sebagian guru menyebut model jadwal ini dengan “ tema masuk dalam pelajaran “. Artinya, tema-tema yang di pakai dalam pembelajaran tematik tidak nampak dalam jadwal, tetapi yang tertulis di jadwal adalah nama mata pelajaran.
2. Model Jadwal Pelajran Tematik Dengan Terintregasi
Jadwal pembelajaran tematik secara terintregasi adalah jadwal pelajaran yang menggunakan tema-tema, bukan nama mata pelajaran. Oleh karena itu, dalam jadwal pelajaran tidak tertulis nama-nama mata pelajaran. Tema-tema yang digunakan dalam pembelajaran satu semester. Semua guru di kelas 1-3 dengan persetujuan kepala sekolah dan wakasek, menentukan tema-tema yang di gunakan dalampembelajaran tematik. Dan setiap minggu pada minggu efektif , guru-guru harus bersepakat menentukan tema yang di gunakan dalam jangka minggu tertentu disesuiakan dengan momen dan kondisi.
B. STRATEGI MERANCANG JADWAL PEMBELAJARAN TEMATIK
1. Cara Merancang Jadwal Pembelajaran Tematik Dengan Mata Pelajaran
· Semua guru mengajar di kelas 1-3, yaitu baik guru kelas, mata pelajaran pendidikan agama, guru pendidikan jasmani, maupun guru muatan lokal perlu bersama-sama menyusun jadwal pelajaran sebagai mana di jelaskan Tim Puskur Balitbang Departemen Pendidikan Nasional ( 2006 ).
· Menyusun jadwal pelajaran dengan mmenggunakan tabel yang berisi mata pelajaran dan jam mata pelajaran.
· Semua guru bermusyawarah menentukan tema. Sebaiknya musyawarah guru di lakukan setiap minggu. Guru juga perlu menentukan satu tema di gunakan untuk berapa minggu.
2. Cara Merancang Jadwal Pembelajaran Tematik Dengan Terintegrasi
· Semua guru yang mengajar di kelas 1-3, yaitu baik guru kelas, mata pelajaran pendidikan agama, guru pendidikan jasmani maupun guru muatan lokal perlu bersama-sama menyusun jadwal mata pelajaran.
· Sebelum di mulai tahun ajaran baru, semua guru bermusyawarah untuk menentukan tema-tema yang digunakan dalam pembelajaran tematik dalam satu tahun.
· Menentukan tema-tema yang di gunakan dalam pembelajaran tematik yang di sesuaikan pada momen-momen tertentu, seperti tema “pengorbanan” di sekitar tanggal 8 Dzul Hijjah atau tema “Perang Gajah” di sekitar bulan maulid Nabi Muhammad Saw.
· Selain itu, guru menyusun kegiatan harian dan menentukan sub tema yang diajarkan untuk satu atau dua minggu.
C. CONTOH JADWAL PEMBELAJARAN TEMATIK
1. Jadwal Pelajaran Tematik Dengan Mata Pelajaran
Waktu | Senin | Selasa | Rabu | Kamis | Jumat | Sabtu |
7.00–7.35 | MTK | B. Indo | MTK | BI | Penjaskes | IPA |
7.35-8.10 | MTK | B. Indo | MTK | BI | Penjaskes | IPA |
8.10-8.45 | MTK | B. Indo | MTK | KTK | P. Agama | Mulok |
8.45-9.00 | istirahat | |||||
9.00-9.35 | B. Indo | MTK | IPS | KTK | P. Agama | |
9.35-10.10 | B. Indo | MTK | IPS | KTK |
2. Jadwal Pelajaran Tematik Dengan Terintegrasi
· 14 - 19 Juli 2008 : MOS
· 21 - 31 Juli 2008 : Tema Keluargaku
· 1 - 16 Agustus 2008 : Tema Sekolahku
· 18 - 30 Agustus 2008 : Tema Pahlawanku
· 1 - 2 September 2008 : Libur Awal Puasa
· 3 - 23 September 2008: Efektif Fakultatif
· 24 sept – 8 Okt 2008 : Libur Hari Raya
· 9 - 19 Oktober 2008 : Tema Kasih Sayang UTS 1
· 20 - 25 Oktober 2008 :
· 27 Okt – 15 Nov 2008 : Tema Kasih Sayang
· 17 Nov – 6 Des 2008 : Tema Rumahku
· 9 - 13 Desember 2008: Tema Pengorbanan
· 15 Des – 3 Jan 2009 : Tema Lingkungan
· 5 – 10 Januari 2009 : UAS 1
· 11 - 17 Januari 2009 : Pembagian Raport
· 18 – 24 : Libur Semester 1[1]
Contoh Jadwal Pelajaran Tematik Secara Integrasi
Tema : Keluargaku ( 2 minggu )
Hari ke | agama | MTK | Penjas | IPA | B.I | IPS | PKN | Sub Tema |
1 | Membiasakan perilaku jujur | Membilang/ menghitung secara urut | Menyebutkan nama bagian tubuh | Menyebutkan nama lengkap dan nama penggilan | Menyebutkan berdasarkan jenis kelamin anggota keluarga | Nama sendiri | ||
2 | Membilang/ menghitung secara urut | Menyebutkan nama bagian tubuh | Menyebutkan nama ayah, ibu, saudara dan wali | Panggilan kesayangan | ||||
3 | Menyebutkan banyak benda | Menceritakan kegunaan bagian tubuh | kegemaran | |||||
4 | Membiasakan perilaku jujur | Menyebutkan banyak benda | Menulis bagian tubuh | Kebiasaan baik | ||||
5 | Mempraktikan gerak dasar jalan dan lari dalam permainan sederhana, menyebutkaserta nilai sportivita, kejujuran, kerjasama, toleransi, dan percaya diri. | Menyebutkan nama bagian tubuh | Pertumbuhan dan perubahan | |||||
6 | Menyebutkan nama bagian tubuh | Menjiplak bayangan | ||||||
7 | Membiasakan perilaku bertanggung jawab | Membilang / menghitung secara urut | Menceritakan kegunaan bagian tubuh | Menyebutkan alamat tempat tinggal | alamat | |||
8 | Membandingkan 2 kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak | Menceritakan kegunaan bagian tubuh | Menyebutkan anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah | kesehatan | ||||
9 | Membandingkan 2 kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak | |||||||
10 | Menyebutkan anggota gerak tubuh | Jabat tangan | ||||||
11 | Mempraktikan gerak dasar lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivita, kejujuran, kerjasama, toleransi, dan percaya diri | Menceritakan kegunaan bagian tubuh | melompat | |||||
12 | Menceritakan kegunaan bagian tubuh | Gigi sehat |
KESIMPULAN
· Terdapat dua model pembelajaran tematik, yaitu jadwal pelajaran tematik dengan mata pelajaran dan jadwal pembelajaran tematik terintegrasi.
· Strategi penyusunan jadwal pelajaran tematik sama dengan jadwal pelajaran pada umumnya. Sedangkan pelajaran terintregasi dirancang dengan mengidentifikasi tema-tema yang digunakan dalam satu semester. Kemudian guru menyusun kegiatan satu semester. Menyusun kegiatan harian dan menentukan sub tema yang di ajarkan untuk satu atau dua minggu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar