RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NEW
NEW
Nama Sekolah :
MI Ma’arif Kadipaten
MI Ma’arif Kadipaten
Mata Pelajaran :
Fiqh
Fiqh
Kelas/Semester :
VI/Satu (Enam/Satu)
VI/Satu (Enam/Satu)
Tahun Ajaran :
2012/2013
2012/2013
Alokasi Waktu :
1x35 menit
1x35 menit
Standart Kompetensi :
1. Mengenal ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram
1. Mengenal ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram
Kompetensi Dasar :
1.2 Menjelaskan ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram
1.2 Menjelaskan ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram
Indikator :
Pada akhir pertemuaan siswa/i diharapkan mampu :
1.2.1 Menyebutkan pengertian makanan/minuman halal
Pada akhir pertemuaan siswa/i diharapkan mampu :
1.2.1 Menyebutkan pengertian makanan/minuman halal
1.2.2 Menyebutkan pengertian makanan/minuman haram
1.2.3 Menyebutkan contoh makanan/minuman halal
1.2.4 Menyebutkan contoh makanan/minuman haram
1.2.3 Menyebutkan contoh makanan/minuman halal
1.2.4 Menyebutkan contoh makanan/minuman haram
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menyebutkan pengertian makanan dan minuman halal dan haram,
2. Siswa mampu memberikan contoh makanan dan minuman halal dan haram
1. Siswa mampu menyebutkan pengertian makanan dan minuman halal dan haram,
2. Siswa mampu memberikan contoh makanan dan minuman halal dan haram
Materi Pokok :
Makanan dan mimunam halal dan haram
Makanan dan mimunam halal dan haram
Metode Pembelajaran :
Inquiring minds want to know, ceramah, card short, penugasan.
Inquiring minds want to know, ceramah, card short, penugasan.
Langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
Waktu | Kegiatan Pembelajaran | Metode / Strategi | Sumber/Alat/ Bahan |
3 menit 2 menit 5 menit | #Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa #Guru mengabsen siswa-siswa dengan menanyakan kepada siswa apakah NIHIL atau tidak #Guru bertanya kepada siswa/i“Anak-anak dalam memelihara kelangsungan hidup,untuk melaksanakan aktifitas sehari-hari seperti kalian belajar,sekolah tentunya kalian memerlukan apa?ada yang tau? #Siswa/i memberikan jawabannya secara individu dan guru menampung jawaban sebagai jembatan materi yang akan disampaikan | - Ceramah - Inquiring minds want to know | - Buku absen |
B. Kegiatan Inti
Waktu | Kegiatan pembelajaran | Metode/ Strategi | Sumber/Alat/ Bahan |
10 menit 10 menit | #Guru menyampaikan/menjelaskan materi tentang makanan dan minuman yang halal dan haram #Guru membagikan gambar kepada siswa. #Guru meminta siswa untuk menempelkan gambar di papan tulis. #Guru mencocokan gambar yang di -tempelkan siswa | - Ceramah - Card short | - Sumber (Drs.H.Imam Santoso,dkk Bina Fikih Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI, penerbit Erlangga, Jakarta, 2005) - Dobel tip - Gambar - Spidol |
C. Kegiatan Akhir
Waktu | Langkah pembelajaran | Metode/ Strategi | Sumber/Alat/ Bahan |
3 menit 2 menit | #Guru memberikan kesimpulan/refleksi terhadap materi yang disampaikan tadi dan sekaligus memberikan tugas kepada siswa/i untuk dikerjakan di rumah #Guru memberikan motivasi dan semangat belajar kepada siswa/i dan menutup pelajaran dengan doa dan salam | - Ceramah - penugasan |
I. Sumber/Alat/Bahan
· sumber(Drs.H.Imam Santoso,dkk Bina Fikih Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2005)
· Doble tip
· Gambar
· Spidol
II. Penilaian
Ø Pilihan ganda
Ponorogo, 10 April 2012
Mengetahui, | |
Kepala Madrasah Kurnia Hidayati, M.Pd NIP.198106202006042001 | Guru Bidang Studi Desmam Trisandisa. S.Pd.I NIP. 210609024 |
Isilah pilihan ganda dibawah ini.
1. Syariat islam membagi makanan dan minuman atas dua hal yaitu…
a. Haram dan makruh b. Mubah dan makruh | c. Wajib dan mubah d. Halal dan haram |
2. Allah melarang makan makanan yang haram karena akan merusak…
a. Anggota jasmani manusia b. Pikiran perasaan manusia | c. Seluruh tubuh manusia d. Jasmani dan rohani |
3. Allah memerintahkan kita agar makan dan minum yang…
a. Murah dan bermanfaat b. Baik dan halal | c. Banyak dan mahal d. Murah dan enak |
4. Jenis minuman yang halal contohnya…
a. Bir b. wisky | c. the botol d. malaga |
5. Nama makanan di bawah ini yang termasuk jenis makanan yang haram adalah…
a. Tahu b. tempe | c. marus d. kedelai |
6. Minuman berikut yang haram diminum adalah…
a. kelapa b. keras | c. cuka d. tebu |
7. Minuman – minuman yang memabukkan atau khamar diharamkan karena merusak…
a. harta b. badan | c. keturunan d. akal |
8. Kita tidak boleh makan makanan yang haram kecuali dalam keadaan…
a. Darurat b. lapar | c. sakit d. memerlukan |
9. Semua minuman yang memabukkan disebut khamar artinya…
a. merusak b. melanggar | c. menutup d. membahayakan |
10. Dibolehkan makan makanan yang haram dalam keadaan darurat yang mengancam jiwa dengan ketentuan…
a. Makan sekenyangnya
b. Makan sebanyak banyaknya
c. Makan tapi sedang sedang saja
d. Sekedar untuk menyelamatkan nyawa
1. D | 6. B |
2. D | 7. D |
3. B | 8. A |
4. C | 9. A |
5. C | 10.D |
PEDOMAN PENSKORAN
v Kerja individu (untuk latihan dan soal tes individu)
No Absen | Nama Siswa | Butir Soal | Skor Nilai | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | |||
1 | ||||||||||||
2 | ||||||||||||
3 | ||||||||||||
4 | ||||||||||||
5 | ||||||||||||
6 | ||||||||||||
7 | ||||||||||||
8 | ||||||||||||
9 | ||||||||||||
10 | ||||||||||||
dst |
v Keterangan :
ü Untuk tiap butir soal pilihan ganda yang benar nilainya = 10
ü Maka jumlah nilai seluruhnya = 10 x 10 = 100
A : 91 - 100 (Sangat baik)
B : 81 - 90 (Baik)
C : 71 - 80 (Cukup)
D : 61 - 70 (Kurang)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar